1. TANAH BUMBU
  2. SENI BUDAYA

Masyarakat Pulau Sewangi Tanbu gelar Pesta Adat Ade Massorong

Pelaksanaan acara Pesta Adat Ade Massorong yang dilakukan masyarakat Pulau Sewangi, sudah dimulai sejak ratusan tahun yang lalu.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Selasa, 25 Oktober 2016 11:43

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Masyarakat yang tinggal di kawasan Pulau Sewangi, Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar Pesta Adat Ade Massorong. Upacara adat ini ditandai dengan melepas perahu kecil ke tengah laut, yang di dalamnya berisikan berbagai makanan tradisional, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ketua Lembaga Ritual Adat Ade Massorong Batulicin, Abdul Rahim mengatakan, pelaksanaan acara Pesta Adat Ade Massorong yang dilakukan masyarakat Pulau Sewangi, sudah dimulai sejak ratusan tahun yang lalu. Kegiatan sendiri dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat adat.

"Acara ini, setiap tahunnya sudah digelar sejak ratusan tahun yang lalu. Dimana pada awalnya, kegiatan dilaksanakan secara swadaya oleh kami masyarakat adat. Namun sejak tahun 2015 lalu, kegiatan ini mendapat bantuan pembiayaan dari Pemerintah Daerah Tanbu, " kata Rahim, di Tanah Bumbu, Senin (24/10).

Menurut Rahim, Pesta Adat Ade Massorong, merupakan pesta adat yang digelar tak jauh berbeda dengan makna pelaksanaan pesta adat Mappanretasi, yang dilakukan setiap tahun oleh masyarakat pesisir lainya di wilayah  Kabupaten Tanbu. Pesta Adat Ade Massorong, digelar sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat nelayan, kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas diberikannya nikmat, berupa kesehatan dan hasil laut yang melimpah.

Dilain pihak, atas diselenggarakannya pesta Adat Ade Massorong di Pulau Sewangi Batulicin, Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor mengatakan, selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanbu menyambut baik dan mengapresiasi. Prosesi Adat Ade Massorong menurutnya, adalah salah satu khasanah seni budaya daerah, yang dimiliki masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

“Prosesi pesta Adat Ade Massorong ini secara esensi adalah merupakan ungkapan sebagai wujud dari rasa syukur, kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rizki, yang telah diberikan kepada masyarakat nelayan Pulau Sewangi pada khususnya, dan nelayan Tanah Bumbu pada umumnya, " ungkapnya.

Acara pesta Adat Ade Massorong pada tahun  ini selain, dihadiri Wakil Bupati Tanbu H Sudian Noor dan Wakil Ketua TP PKK Tanbu Hj. Sadariah Sudian Noor, juga dihadiri para anggota DPRD Tanbu, unsur Forkominda Tanbu, , pimpinan SKPD Tanbu, Camat dan Lurah Batulicin, para kepala desa, tokoh adat, tokoh agama, para undangan dari lembaga swasta, serta masyarakat Tanbu.

(K) Laporan: Riyadi
  1. seni dan budaya
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA