1. TANAH BUMBU
  2. PARIWISATA

Yuk, habiskan waktu liburan anda di pantai rindu alam

Pantai ini banyak ditumbuhi pohon cemara sehingga menyejukan mata

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Jum'at, 29 April 2016 18:47

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Bingung menghabiskan waktu liburan?. Tak perlu bingung - bingung jika anda ingin menghabiskan waktu disaat libur. Di Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, terdapat tempat wisata alternatif yang bagus untuk menghabiskan waktu anda selama musim liburan. Adalah Pantai Rindu Alam yang terletak di desa Pulau Salak Kecamatan Kusan Hilir.


Pantai yang terletak ± 230 km dari Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan ini, merupakan salah satu tempat wisata favorit masyarakat Tanah Bumbu. Pantai ini dapat ditempuh sekitar ± 25 menit dengan mengggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, mengingat jaraknya sekitar ± 8 km dari pusat Kecamatan Kusan Hilir.


Dihari - hari biasa, pengunjungnya sendiri bisa mencapai ratusan orang. Sementara pada hari libur nasional seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, serta hari raya keagamaan lainya, pengunjung bisa mencapai ribuan orang. Di hari - hari biasa, pengunjung tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Sementara pada akhir pekan atau hari libur nasional, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 3000.

Pengunjung sendiri berasal dari masyarakat Tanah Bumbu, serta masyarakat dari berbagai daerah lain seperti Kabupaten Tanah laut, Hulu Sungai, dan Kota Banjarmasin. Ada pula pengunjung yang berasal dari luar provinsi, seperti pengunjung dari Kabupaten Muara Tewe dan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Selain itu, ada juga pengunjung dari mancanegara seperti turis dari korea.

Pantai yang memiliki panjang sekitar ±1 km dan seluas ± 3 ha ini, menyerupai sebuah pulau, karena letaknya dipisahkan sebuah selat kecil yang menjurus ke luar. Sejauh mata memandang, pesisir pantai ini ditumbuhi pohon cemara yang lebat, sehingga menyejukkan mata para pengunjung.

Dilain pihak, untuk menarik lebih banyak pengunjung, pihak pengelola menyediakan berbagai arena wisata seperti waterboom, kolam renang, panggung hiburan, serta toko souvenir. Sementara itu, dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), melalui pariwisata ini, Pemda Tanah Bumbu akan terus melakukan pembenahan Pantai Rindu Alam.

Yuk, tunggu apalagi, ajak teman atau keluarga anda, habiskan waktu liburan di pantai  yang sejuk ini.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Zona Turis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
ZONA TURIS