1. TANAH BUMBU
  2. PARIWISATA

Menanti senja di Pelabuhan Batang Tanah Bumbu

Seiring berjalannya waktu, lambat laun wisata Pelabuhan Batang tersebut menjadi salah satu alternatif tempat wisata baru.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Kamis, 29 Desember 2016 10:51

Tanahbumbu.merdeka.com - Selain memiliki Taman Education Park  yang  terletak di pusat keramaian kota, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), juga memiliki tempat wisata  yang tak kalah menarik sebagai wahana bersantai  bersama keluarga. Tempat tersebut adalah Pelabuhan Batang.

Setiap sore ratusan pengunjung datang untuk menikmati keindahan alam, duduk bersantai menghadap ke laut, sembari menanti datangnya senja. Wisata yang berada tak jauh dari keramaian pusat kota tersebut, terletak di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu.

Tempat wisata yang luasnya sekitar seperempat hektar ini, dulunya bekas pelabuhan bongkar muat barang PT. Kodeco. Setelah lama tak beroperasi, kini pelabuhan tersebut dijadikan tempat santai masyarakat, untuk menikmati pemandangan Pulau Sewangi dan pemandangan laut, sambil mendengarkan hiburan musik dan mencicipi beragam jajanan yang tersedia.

Selain bisa menikmati keindahan Pulau Sewangi dan bercengkrama bersama keluarga, kadang – kadang, pengunjung yang datang bisa melihat dari dekat, adanya kapal besar bersandar di pelabuhan tersebut. Dari momentum itu,  secepat kilat, pengunjung pun langsung mengabadikan foto dengan kapal besar tersebut.

Seiring berjalannya waktu, lambat laun wisata Pelabuhan Batang tersebut menjadi salah satu alternatif tempat wisata baru. Hal ini ditandai dengan banyaknya jumlah pengunjung yang terus bertambah, dan banyaknya jumlah para penjaja kuliner di tempat ini. Padahal sebelumnya, hanya ada berapa penjual kuliner. Saat ini, di wisata Pelabuhan Batang ada sekitar 15 - 20 penjaja kuliner dengan berbagai macam jenis makanan ringan dan minuman.

Selain bertambahnya jumlah penjaja kuliner, saat ini juga banyak penyedia berbagai mainan bagi anak - anak, sehingga suasana sore di wisata Pelabuhan Batang menjadi ramai. Salah satu pengunjung yang berasal dari Kecamatan Simpang Empat, Mario mengatakan, ia sering datang ke tempat ini bersama kelurga untuk bersantai dan mencicipi kuliner, yang disediakan penjual.

“Pada hari biasa jumlah pengunjung tak sebanyak jumlah pengunjung pada hari akhir pekan atau hari libur lainnya. Pengunjung mulai datang sekitar pukul 15.00 - 18.00 wita, dan wisata ini hanya bisa dinikmati pada sore hari  hingga menjelang senja, ” kata Mario, di Tanah Bumbu, Kamis (29/12).

(K) Laporan: Riyadi
  1. Wisata Alam
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA