1. TANAH BUMBU
  2. KULINER

Yuk, nikmati segarnya es pisang hijau Mamiri di Tanah Bumbu

Namun, karena memiliki rasa yang manis, segar dan nikmat, es pisang hijau pun menjadi santapan harian bagi masyarakat.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Rabu, 09 November 2016 10:33

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Nikmatnya es pisang hijau tak perlu diragukan lagi rasanya. Es pisang hijau adalah hidangan khas dari kota Anging Mamiri, Makasar Sulawesi Selatan. Namun demikian, hidangan ini cukup populer di banyak daerah, termasuk salah satunya di Kabupaten Tanah Bumbu. Adapun tempatnya di warung soto Makassar milik Bu Mariana, di Jalan Raya Batulicin, Rt. 14 Batulicin, atau di depan Stasiun Radio RGM atau Nirwana FM.

Saat bulan Ramadhan, es pisang hijau ini sangat diminati masyarakat, sebagai salah satu sajian untuk berbuka puasa. Namun, karena memiliki rasa yang manis, segar dan nikmat, es pisang hijau pun menjadi  santapan harian bagi masyarakat, salah satunya masyarakat Bumi Bersujud, baik disaat siang hari maupun malam hari.

Terlebih lagi dengan tekstur pisangnya yang begitu lembut, sehingga cocok untuk di nikmati siapapun. Disamping itu, buah pisang juga memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Wajar jika banyak kalangan masyarakat yang suka dengan sajian es pisang hijau ini.

Sepintas, es pisang ijo khas Makassar ini, seakan dibuat dari pisang hijau. Padahal pisangnya sendiri terbuat dari  pisang raja atau kapok, yang dibungkus dengan lembaran dadar, terbuat dari adonan tepung terigu, dan diberi pewarna hijau dari air daun suji atau pandan. Agar lebih nikmat, pisang kemudian dicampur bubur, sirup dan es batu, sehingga membuat es pisang hijau ini benar - benar menggugah rasa.

“Setiap harinya sekitar 30 - 50 pelanggan yang datang untuk menikmati es pisang hijau. Sedangkan saat bulan puasa, pelanggan yang datang mencapai lebih dari ratusan orang, untuk memesan  segarnya es pisang hijau, ” kata Mariana, pedagang yang sudah berjualan es pisang hijau sejak lima tahun yang lalu,  di Tanah Bumbu, Rabu (09/11).

Ia menambahkan, karena banyaknya masyarakat Tanbu yang menyukai minuman es pisang hijau, maka ia pun membuka cabang warung yang juga menjual es pisang hijau, tempatnya berlokasi di areal Taman  Education Batulicin, yang dibuka sore hingga malam hari. Untuk 1 porsi pisang hijau, cukup untuk mengganjal perut, sebelum menyantap hidangan yang lebih berat lainnya, karena hanya dijual Rp 10 ribu per porsi. Penasaran dengan nikmatnya es pisang hijau, maka segera kunjungi warung Bu Mariana Batulicin.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Minuman
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA