1. TANAH BUMBU
  2. KULINER

Pergi Tanah Bumbu jangan lupa nyobain lezatnya nasi pundut

Dilihat dari luar makanan ini sangat sederhana, tapi rasanya yummi.

©2016 Merdeka.com Reporter : Muhammad Hasits | Kamis, 21 April 2016 18:22

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Nasi uduk, nasi merah atau jenis nasi yang menjadi ciri khas makanan orang Indonesia pasti sudah biasa. Kalau nasi pundut sudah coba? Hemmm, penasaran kan.

Nasi pundut merupakan salah satu makanan khas daerah Batu Licin, Ibu Kota Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Hampir semua kaum hawa Batu Licin pasti bisa memasaknya. Sebab selain masakan ini menjadi ikon masakan khasnya, memasak nasi pundut juga sangatlah praktis. Setelah beras dicampur santan dan dibungkus pisang, beras yang sudah di bungkus rapih tersebut hanya dikukus hingga matang.

Dibandingkan dengan memasak nasi biasa, memasak nasi pundut memang agak lebih lama. Sebab harus menunggu beras dan santannya matang. Tapi rasa lelah Anda menunggu pasti akan terbayarkan ketika nasi tersebut matang. Kegurihanya jelas terasa ketika hidung Anda mencium hasil kukusannya saat Anda membuka tutup panci. Hem, gak kebayang kan kalau Anda sedang lapar?

Tak lengkap rasanya jika memakan nasi tidak dengan lauknya. Karena itu, jika Anda ingin mendapatkan sensasi yang beda maka tidak ada salahnya mencoba beberapa lauk pilihan seperti opor ayam, opor telur, atau ikan balado, dijamin pasti yummy deh.  
Bagi Anda yang di luar Batu Licin, tak ada salahnya juga Anda mencoba membuatnya sebagai menu makan siang. Caranya gampang, siapkan beras pilihan, satu ikat daun pisang, serta buah kelapa.

Setelah bahan disiapkan, parut buah kelapa dan campur dengan air secukupnya kemudian disaring. Setelah itu, campur air santan mentah tersebut dengan beras pilihan yang sudah dibersihkan. Setelah keduanya tercampur, bungkus beras dengan daun pisang yang sudah dibersihkan seperti pembuatan kue pisang. Selanjutnya kukus hingga matang dengan api ukuran sedang agar matangnya merata. Tunggu hingga nasi tanak, baru anda tiriskan di piring. Selamat mencoba ...

(MH/MH)
  1. Khas Tanah Bumbu
  2. Zona Turis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA