1. TANAH BUMBU
  2. KULINER

Gurihnya amplang Tanah Bumbu

Amplang pada dasarnya bahan dasarnya terbuat dari Ikan Tenggiri.

©2016 Merdeka.com Reporter : Muhammad Hasits | Kamis, 21 April 2016 17:55

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Kriuk...kriuk...begitulah bunyi Amplang ketika kita kunyah perlahan-lahan. Rasa gurihnya membuat lidah dan gigi tak berhenti mengunyah sampai tak terasa sebungkus Amplang dihabiskan. Ya, Amplang merupakan salah satu jajanan khas Kabupaten Tanah Bumbu yang terkenal gurihnya dan bisa didapatkan dengan mudah.

Sama seperti jajanan khas Pulau Kalimantan lain, Amplang pada dasarnya bahan dasarnya terbuat dari Ikan Tenggiri pilihan dan tepung kanji. Selain memang terkenal renyah dan gurihnya, Amplang yang bisa didapatkan di seantero Tanah Bumbu juga dikenal menyehatkan karena tak mengandung zat kimia.

Cara pembuatan, Ikan Tenggiri dan Tepung sudah digiling lalu dicampur dan dijadikan adonan serta dipotong-potong sebelum digoreng dengan minyak. Kemudian adonan tersebut tidak dicampur dengan zat pengawet, pemanis atau zat pewarna.

Selain menyehatkan, bentuk Amplang juga terbilang lucu karena ketika sudah digoreng bentuknya mirip kapsul ukuran jumbo yang bisa dijadikan mainan anak-anak. Tapi jangan buat mainan juga ya, karena Amplang untuk dimakan bukan untuk mainan.  

Dalam membuat Amplang, masyarakat Tanah Bumbu lebih mengedepankan kualitas dibandingkan keuntungan. Oleh karena itu tunggu apalagi,jika Anda jalan-jalan ke Tanah Bumbu maka jangan lupa membeli Amplang yang harganya berkisar antara Rp 95 ribu-Rp 120 ribu per kotak.

Tak lengkap rasanya kalau jalan-jalan ke Tanah Bumbu tak membawa buah tangan yang harganya terjangkau ini.

(MH/MH)
  1. Khas Tanah Bumbu
  2. Zona Turis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA