1. TANAH BUMBU
  2. KULINER

Cobain yuk legitnya pais pisang Tanah Bumbu

Makanan ini mudah didapat di Tanah Bumbu. Gampang kok bikinnya.

©2016 Merdeka.com Reporter : Kuswandi | Jum'at, 22 April 2016 16:22

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Kue Nagasari, kue kelepon atau kue putu mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Karena selain bisa didapat dengan mudah, kue ini juga punya cita rasa khas tersendiri yang manis rasanya.

Di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, ada sebuah wadai atau kue khas daerah tersebut yang dinamakan Pais Pisang. Dinamakan Pais Pisang karena memang bahan dasarnya terbuat dari buah pisang yang dicampur dengan tepung.

Namun, tidak sembarang pisang yang dijadikan bahan wadai ini. Hanya pisang-pisang berkualitas yang akan dijadikan sebagai bahan dasar membuat wadai legit ini.

Bagi masyarakat Tanah Bumbu, membuat Pais Pisang ini tidaklah sulit. Tinggal membeli satu sisir pisang raja, pisang kepok, pisang susu atau pisang lain yang bagus dan tidak terlalu matang. Setelah itu, haluskan buah pisang hingga merata, kemudian campur dengan santan beserta telur sembari aduk rata.

Setelah adonan merata, bungkus adonan dengan daun pisang dan kukus hingga matang. Agar lebih nikmat, makanlah Pais Pisang ini di saat sore hari dengan keluarga sembari minum teh atau kopi. Hemmm, lezat kan?

Meskipun harganya murah, Pais Pisang memang hanya cocok untuk dimakan di tempat, bukan dijadikan buah tangan, mengingat tidak ada bahan pengawetnya.

Karena itu, jika Anda berasal dari luar kota dan sedang bepergian ke Tanah Bumbu, maka tak ada salahnya mampir ke warung-warung wadai. Rasakan Pais Pisang yang terkenal manis dan legit sebelum Anda pulang kembali ke kota tujuan.

(MH/K)
  1. Khas Tanah Bumbu
  2. Zona Turis
  3. Makanan Manis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA