1. TANAH BUMBU
  2. KOMUNITAS

Begini cara komunitas Angler Tanbu lestarikan keberadaan ikan

Kegiatan ini dilaksanakan, selain untuk melestarikan ikan, juga sebagai sarana silaturahmi para anggota pemancing.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Senin, 17 April 2017 14:34

Tanahbumbu.merdeka.com - Dalam rangka melestarikan keberadaan ikan di wilayah Bumi Bersujud, Komunitas Angler Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), yang menamakan diri Zimbat Behabiz, melepas ratusan bibit ikan.

Acara pelepasan 12 kg bibit ikan bawal yang jumlahnya mencapai ratusan tersebut, dilaksanakan di Danau Desa Wonorejo, Kecamatan Kusan Hulu. Kegiatan ini dilaksanakan, selain untuk melestarikan ikan, juga sebagai sarana silaturahmi para anggota pemancing.

Ketua Perkumpulan Zimbat Behabiz, Denny Hermawan mengatakan, kegiatan bertemakan “Lestarikan dengan hoby, untuk masyarakat kita bisa “ ini , bertujuan untuk melestarikan keberadaan ikan, sehingga kedepannya dapat berkembang banyak dan dapat dinikmati masyarakat umum.

"Adapun jumlah bibit ikan bawal yang dilepas oleh Komunitas Angler Tanbu yang beranggotakan 63 orang ini, sebanyak 12 kilogram, atau sekitar 250 - 300 ekor bibit ikan. Ini merupakan kegiatan sosial, yang kami lakukan untuk masyarakat sebagai bentuk melestarikan keberadaan ikan, " kata Denny di Tanah Bumbu, Minggu (16/4).

Denny berharap, kegiatan yang dilakukan ini dapat menjadi contoh bagi para komunitas angler lainnya di Bumi Bersujud.  Di kesempatan itu, Komunitas Zimbat Behabiz juga menghimbau dan mengajak masyarakat, serta pemancing untuk tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara meracun, menyetrum, dan menangkap dengan bahan kimia.

Penangkapan ikan yang dilarang tersebut, sering dilakukan oleh ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, yang hanya memikirkan keuntungan sendiri saja, dan tidak memikirkan kelangsungan ekosistem alam atau keberadaan ikan.

“Untuk itu, kami menghimbau agar tidak melakukan penangkapan ikan yang dilarang tersebut. Imbauan kami sampaikan sebagai bentuk cara melestarikan ikan dan menjaga keberlangsungan ekosistem alam, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Komunitas
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA