1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Tingkatkan permodalan, BRI sosialisasikan pinjaman lunak

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanbu menyambut baik dengan disosialisaikan pinjaman lunak oleh BRI.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Senin, 17 April 2017 16:45

Tanahbumbu.merdeka.com - Dalam rangka meningkatkan usaha mikro pada masyarakat, khususnya para pedagang Pasar Sungai Danau Raya, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Bank Republik Indonesia (BRI) Cabang Tanbu, melaksanakan sosialisasi permudah pinjaman lunak.

Asisten Manager BRI Tanbu, Said Salimin mengatakan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi, untuk menyampaikan kepada pelaku usaha mikro, khususnya para pedagang di pasar Sungai Danau Raya, terkait dengan program bantuan kredit lunak.

Ia mengatakan, kredit lunak yang ditawarkan kepada pedagang pasar ini, dapat membantu pedagang untuk mengembangkan usaha, bagi mereka membutuhkan tambahan modal usaha.

"Modal usaha yang cukup tentu sangat berdampak pada perkembangan usaha para pedagang. Kami berharap dengan berkembangnya usaha mereka, kedepannya dapat meningkatkan pendapatan, dan dapat berdampak pada iklim usaha yang sehat, " kata Said di Tanah Bumbu, Senin (17/4).

Dalam memberikan pinjaman kredit usaha ini, menurutnya, pihak BRI memberikan kemudahan dalam pengajuan permohonan kredit lunak. Dalam pengajuan pinjaman modal, nantinya pedagang tidak perlu lagi memasukan proposal. Akan tetapi hanya dengan menggunakan KTP atau KK, serta bukti usaha yang salah satunya Surat Hak Penempatan (SHP) atau keterangan lainnya, yang membuktikan bahwa mereka adalah pedagang di pasar.

“Sosialisasi, selain dilaksanakan pada pedagang Pasar Sungai Danau Raya Kecamatan Satui, juga akan terus dilaksanakan kepada para pedagang pasar yang ada di wilayah Tanbu, seperti Pasar Bumi Pangeran, Pasar Angsana, Pasar Batulicin dan lainnya, '' jelasnya.

Dilain pihak, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanbu, Anwar Salujang, melalui Kabid Stabilisasi dan Sarana Distribusi Perdagangan Tanbu, Anton Azis mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanbu menyambut baik dengan disosialisaikan pinjaman lunak oleh BRI.

Dengan sosialisasi ini, kami berharap semua pedagang yang berjualan di pasar dapat meningkatkan kapasitas usahanya dan tidak lagi kekurangan modal usaha. Sehingga usaha yang dikembangkan, dapat berdampak pada peningkatan pendapatan di semua sektor perdagangan pasar.

“Pemerintah daerah sangat mendukung program ini. Dengan berkembangnya usaha, para pedagang mampu menciptakan iklim ekonomi yang stabil, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA