1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Tingkatkan perekonomian, daerah ini kembangkan potensi wisata maritim

Pantai Indah Lestari merupakan objek wisata baru yang diresmikan untuk masyarakat umum.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Selasa, 18 April 2017 13:42

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Dalam rangka mendorong peningkatan perekonomian masyarakat pesisir di wilayah Bumi Bersujud, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), mengembangkan salah satu potensi kelautan, yaitu wisata maritim.

Bupati Tanbu, Mardani H. Maming mengatakan, Kabupaten Tanah Bumbu berada di ujung tenggara pulau Kalimantan. Wilayahnya terdiri dari dataran rendah, pegunungan, dan juga lautan. Anugerah alam yang ada didaerah ini, menjadikan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai daerah yang memiliki potensi sumber daya alam kelautan yang melimpah.

Salah satu potensi yang terus digali oleh pemerintah daerah, yaitu potensi kelautan, melalui wisata maritim maupun sektor perikanan. Hal ini dilakukan, karena di Kabupaten Tanah Bumbu sendiri terdapat banyak wisata maritim yang mempesona dengan keindahan pantai, dengan surga bawah lautnya, yang tak kalah menarik dari daerah lain di Indonesia.

Dalam upaya mengembangkan wisata maritim agar menjadi tujuan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, maka pemerintah daerah terus berbenah membangun sarana dan prasarana pendukung wisata tersebut, yang bersinergi dengan beberapa instansi terkait, terutama dalam hal pembangunan jalan menuju objek wisata, sarana penginapan, maupun sarana pendukung lainnya.

“Pemerintah daerah menyadari, potensi kelautan khususnya pariwisata, berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir dan juga menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) kedepannya, jika dikembangkan dengan baik, ” kata Mardani di Tanah Bumbu, Selasa (18/4).

Adapun objek wisata maritim yang menjadi unggulan Kabupaten Tanah Bumbu, diantaranya wisata Pantai Pagatan dengan Pesta Adat Mappanretasinya, yang setiap tahunnya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun luar daerah. Pesta Adat Mappanretasi inipun sudah masuk ke dalam agenda wisata nasional.

Objek wisata lainnya yang menjadi unggulan, diantaranya wisata Pantai Angsana dengan keindahan terumbu karangnya, Pantai Rindu Alam, Pantai Sungai Cuka Batu Buaya yang memiliki hamparan terumbu karang, serta yang baru saja dibuka untuk umum yaitu, Pantai Indah Lestari yang berada di Kecamatan Sungai Loban.

Pantai Indah Lestari merupakan objek wisata baru yang diresmikan untuk masyarakat umum. Selain memiliki keindahan bawah lautnya, di Pantai Indah Lestari juga dilaksanakan budaya Melasti setiap tahunnya, yang mampu menarik wisatawan dari Pulau Kalimantan.

Agar potensi wisata maritim ini dapat dikenal oleh masyarakat luas dan mampu menarik pengunjung untuk datang ke Tanah Bumbu, maka berbagai upaya pun terus dilakukan dengan giat, melaksanakan promosi dan menjual keindahan pantai, melalui media massa dan media sosial.

Tidak hanya itu, pada awal tahun 2017 yang lalu, juga telah dibuka rute penerbangan Banjarmasin – Batulicin – Makassar dan Makassar – Batulicin – Banjarmasin, untuk menarik wisatawan berkunjung ke Tanah Bumbu.

“Konsep kedepannya pada sektor kepariwisataan ini, pemerintah daerah akan mengemas potensi wisata melalui event - event yang digelar setiap bulannya, sehingga objek wisata ini dapat dikenal oleh masyarakat luas, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Wisata Alam
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA