1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Tingkatkan pendapatan petani, daerah ini kembangkan tanaman jagung

Pengembangan tanaman jagung, dilakukan karena untuk tanaman padi hanya bisa dilaksanakan 2 kali dalam setahun.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Rabu, 12 April 2017 08:50

Tanahbumbu.merdeka.com - Untuk terus berupaya peningkatkan pendapatan, perekonomian dan kesejahteraan para petani di wilayah Bumi Bersujud, Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Mardani H. Maming akan mengembangkan tanaman jagung.

Pengembangan tanaman jagung, dilakukan karena untuk tanaman padi hanya bisa dilaksanakan 2 kali dalam setahun. Untuk memanfaatkan lahan kosong saat musim kemarau, maka di lahan pertanian tersebut akan dikembangkan utuk komoditas tanaman jagung.

“Saya sudah siapkan bibit jagung, dimana akan dilakukan uji coba ke masyarakat dengan sistem tanahnya pinjam milik masyarakat. Petani yang tanam, bibitnya dari saya. Jika berhasil keuntungannya dibagi, jika gagal saya yang tanggung dan petani tidak dirugikan, ” kata Mardani, di Tanah Bumbu, Rabu (12/4).

Menurutnya, untuk hasil jual tanaman jagung, Pemerintah Daerah Tanbu bekerjasama dengan salah satu perusahaan di Kabupaten Tanah Laut, sedangkan untuk padi bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik atau Bulog.

Dilain pihak, Kepala Dinas Pertanian Tanbu, Setia Budi, sebelumnya  mengatakan, bupati telah menginstruksikan agar lahan tidur di kawasan perkantoran Pemerintah Kabupaten  Tanbu ditanami padi jagung kedelai (Pajale). Penanaman dilakukan secara bertahap dan dikelola langsung oleh Dinas Pertanian Tanah Bumbu.

“Pada hari Jumat (17/3) kemarin telah dilakukan penanaman jagung seluas kurang lebih satu hektare. Penanaman dilakukan langsung oleh Bapak Wakil Bupati H. Sudian Noor bersama pejabat Tanbu lainnya, di sekitar  lingkungan Masjid Agung Nurussalam Kecamatan Batulicin, ” jelasnya.

Menurutnya, jagung yang ditanam di lahan seluas 1 (satu) hektare itu diprediksi akan panen sekitar 3 (tiga) bulan ke depan. Hasil panen nantinya akan digunakan lagi untuk penanam jagung berikutnya, dan juga digunakan untuk pengelolaan operasional Masjid Agung Nurussalam.

Tanam jagung bersama yang digelar oleh Dinas Pertanian Tanah Bumbu tersebut, dalam rangka upaya khusus pencapaian target Pajale. Pihaknya, optimis rencana panen Pajale secara bertahap dapat dilaksanakan dan target pencapaian Pajale dapat terealisasi.

“Kami berharap hasil dari program penanaman Pajale ini dapat berdampak positif bagi perkembangan sektor pertanian di Bumi Bersujud, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA