1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Tingkatkan PAD, daerah ini berencana bangun TPI

Jika studi kelayakan nantinya dinyatakan layak, maka pembangunan TPI dapat dilakukan pada tahun 2018 mendatang.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Rabu, 19 April 2017 14:27

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Derah (PAD) melalui sektor perikanan, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), berencana membangun Tempat Pendaratan Ikan (TPI).

Kepala Dinas Perikanan Tanbu, Rahmad, melalui Kepala Seksi Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Perikanan Tanbu, Mansur mengatakan, dengan diberlakukannya Undang - Undang Nomor Tahun 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, bahwa per 01 Januari 2017, kewenangan pengelolaan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) bukan kewenangan kabupaten lagi, namun sudah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Kalsel.

Dengan beralihnya kewenangan tersebut, secara otomatis semua personil, peralatan, pendanaan dan dokumen (P3D), serta retribusi dan semua kegiatan yang ada di dalam areal PPI tersebut, menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Kalsel.

Saat ini sudah ada berita serah terima penyerahan oleh Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming kepada Gubenur Kalsel, Sahbirin Noor. Namun hingga saat ini, pihak Pemprov Kalsel belum menempatkan personilnya di PPI tersebut. Untuk menjaga kelancaran dan pengelolaan kegiatan PPI, sementara ini, personil dari Kabupaten Tanbu masih diperbantukan.

“Dengan diambil alihnya kewenangan pengelolaan PPI oleh Pemerintah Provinsi Kalsel, maka kabupaten hanya melakukan pemberdayaan nelayan kecil dan pengelolaan TPI. Untuk kembali mendapatkan PAD dari sektor perikanan, maka Pemerintah Kabupaten Tanbu berencana akan membangun TPI, ” kata Mansur di tanah Bumbu, Rabu (19/4).

Menurut Mansur, Dinas Perikanan Tanbu sudah melakukan  identifikasi beberapa tempat pendaratan ikan, yang biasa digunakan nelayan membongkar hasil laut dan langsung melakukan transaksi jual beli di sana.

Dari beberapa titik tersebut, Dinas Perikanan Tanbu direncanakan akan membangun TPI di tiga titik. Adapun tiga titik tersebut terdapat di wilayah Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan  Satui.

Pada tahun ini masih dalam tahapan perencanaan dan tahapan pelaksanaan studi kelayakan. Jika studi kelayakan nantinya dinyatakan layak, maka pembangunan TPI dapat dilakukan pada tahun 2018 mendatang.

“Rencana pembangunan TPI ini selain direspon dengan baik, juga didukung oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanbu, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Perikanan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA