1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Tingkatkan kapasitas, DPMPD Tanbu berencana gelar pelatihan

Sehubungan dengan hal tersebut, DPMPD Tanbu akan menggelar pelatihan bagi perangkat desa, seluruh desa yang ada di wilayah Bumi Bersujud.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Jum'at, 14 April 2017 09:28

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Dalam rangka meningkatkan kemampuan aparatur desa di wilayah Bumi Bersujud, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan selatan (Kalsel), melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), merencanakan akan melaksanakan pelatihan bagi aparatur desa.

Kepala Dinas Tanbu, Suwignyo, melalui sekretaris DPMPD Tanbu Ayatullah Chotim mengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa dilaksanakan, agar kepala desa dan perangkat desa dapat melaksankan tugas pokoknya dengan baik, sehingga pengelolaan roda pemerintahan desa tercipta dengan baik dan benar.

“Sehubungan dengan hal tersebut, DPMPD Tanbu akan menggelar pelatihan bagi perangkat desa, seluruh desa yang ada di wilayah Bumi Bersujud, baik kepala desa yang baru maupun kepala desa yang lama beserta perangkatnya, ” kata Ayattullah, di Tanah Bumbu, Jumat (14/3).

Menurutnya, pelatihan seluruh perangkat desa di wilayah Bumi Bersujud, diharapkan dapat menumbuhkan kekompakan para perangkat desa dalam menjalankan roda pemerintahan desa, sehingga dapat melayani masyarakat secara maksimal. “Jika para perangkat desa kompak dalam bekerja sama membangun desa, maka pembangunan masyarakat desa dapat berjalan dengan baik, ” jelasnya.

Disisi lain, kegiatan pelatihan dilaksanakan mengingat dana yang dikelola desa, setiap tahunnya semakin meningkat, sehingga menuntut pengelolaan yang lebih baik, agar betul -betul sesuai dengan maksud dan tujuannya. Dimana baik dan tidaknya pengelolaan, tergantung pada kapasitas pemerintah dan aparatur desa.

Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan kapasitas kompetensi para aparatur desa, dalam menjalankan tugasnya mewujudkan tujuan pembangunan, serta pemberdayaan terhadap masyarakat.

Selain itu, dengan adanya peningkatan kapasitas, maka aparatur desa dalam mengelola dana, baik dari perencanaan, pelaksanaan, adminitrasi dan pertanggunjawaban, dapat dilakukan dengan baik dan benar sesuai aturan yang berlaku.

“Sehingga kedepannya tidak ada aparatur desa yang tersandung kasus hukum, karena salah dalam pengelolaan dana. Adapun rencana pelatihan aparatur desa dilaksanakan dengan mengunakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APB-Des) masing - masing, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA