1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Tingkatkan ekonomi, Pemkab Tanbu minta dana desa untuk bentuk BUMDes

DPMD menargetkan hingga tahun 2019 mendatang, seluruh desa yang ada di wilayah Bumi Bersujud sudah membentuk dan mengembangkan BUMDes.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Rabu, 12 April 2017 09:39

Tanahbumbu.merdeka.com - Dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa di wilayah Bumi Bersujud, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), mengimbau kepada seluruh kepala desa agar menggunakan dana desa untuk pembentukan Badan Usaha Miliki Desa (BUM-Des).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Suwignyo, melalui Sekretaris DMPD Tanbu, Ayatullah Chotim mengatakan, para kepala desa di wilayah Bumi Bersujud, agar menggunakan dana desa untuk pembentukan dana pengembangan BUMDes sebagai upaya meningkatkan perekonomian desa. Ia tidak ingin, dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Pusat, hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Saat ini, masih ada kepala desa yang mengunakan aliran dana desa mayoritas digunakan untuk membiayai infrastruktur jalan dan jembatan. "Dana desa selain untuk membiayai kegiatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, juga harus difokuskan untuk pembentukan dan pengembangan BUM - Des, ” kata Ayatullah, di Tanah Bumbu, Rabu (12/4).

Menurutnya, dengan adanya pembentukan dan pengembangan BUMDes secara maksimal, mak akan mampu menambah pendapatan asli desa (PA-Des). Selain itu, pemberdayaan BUMDes juga bisa menjadi modal pembentukan desa yang mandiri. "Kalau desa hanya memfokuskan pada pembangunan infrastruktur, nantinya pemerintah desa akan sulit berkembang, karena hanya menggantungkan sumber dananya ke pemerintah, " jelasnya.

Sementara itu, terkait pembetukan dan pengembangan BUMDes di wilayah Bumi Bersujud, menurut Ayatullah, DPMD menargetkan hingga tahun 2019 mendatang, seluruh desa yang ada di wilayah Bumi Bersujud sudah membentuk dan mengembangkan BUMDes.

Saat ini, dari 144 desa yang ada di wilayah Bumi Bersujud, sebanyak 72 desa diantaranya telah membetuk BUMDes. Bagi desa yang belum membentuk, diharapkan sesegera mungkin untuk dibentuk. Namun demikian, pembentukan BUM - Des didasari atas potensi yang ada di desa.

Meskipun pihaknya mendorong desa untuk membentuk BUM -Des, tidak serta merta desa berlomba - lomba membentuk BUM - Des. Mereka katanya, harus menggali potensi yang ada di desa, dengan atas dasar potensi yang ada desa bisa membentuk BUM - Des.

“Terkait dengan kesiapan desa dalam membentuk BUMDes, kami sudah mensosialisasikan kepada seluruh pemerintahan desa agar sesegera mungkin membentuk BUM - Des, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA