1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Tekan biaya operasional pasca panen, daerah ini salurkan Alsintan

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menyalurkan Alsintan berupa mesin panen padi combine harvester kapasitas besar, sebanyak tiga unit.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Sabtu, 08 April 2017 12:47

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Dalam rangka menekan biaya operasional petani di wilayah Bumi Bersujud saat melaksanakan panen padi, Pemerintah Daerah Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), melalui Dinas Pertanian Tanbu akan menyalurkan alat mesin pertanian (Alsintan).

Kepala Dinas Pertanian Tanbu, Setia Budi, melalui Kepala Seksi Produksi, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Pertanian Tanbu, Sri Yuliati mengatakan, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menyalurkan Alsintan berupa mesin panen padi combine harvester kapasitas besar, sebanyak tiga unit.

Bantuan tiga unit alat panen padi, akan disalurkan pada tiga gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang ada di wilayah Bumi Bersujud. Adapun tiga Gapoktan tersebut, diantaranya Gapoktan Kelurahan Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, Gapoktan Desa Binawara, Kecamatan Kusan Hulu dan Gapoktan Desa Polewali Marajae, Kecamatan Batulicin.

“Masing - masing Gapoktan akan mendapatkan bantuan Alsintan panen padi sebanyak 1 (satu) unit. Bantuan Alsintan yang akan disalurkan bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Pusat tahun  2017, ” kata Yuliati,  saat berbincang dengan Merdeka Tanah Bumbu, di Tanah Bumbu, Sabtu (8/4).

Menurutnya, Alsintan yang disalurkan kepada Gapoktan, merupakan  upaya pemerintah untuk mendorong para petani agar terus meningkatkan kuantitas dan kualitas produk pertanian. Hal ini supaya hasilnya lebih meningkat ke arah yang lebih baik, serta memuaskan bagi masyarakat Bumi Bersujud, khususnya para petani.

Bantuan Alsintan yang disalurkan, selain untuk meningkatkan hasil produktivitas pertanian di wilayah Bumi Bersujud, juga merupakan program pemerintah dalam upaya peningkatan swasembada pangan nasional.

“Kami berharap Alsintan yang sudah diserahkan kepada Gapoktan, nantinya agar kiranya terus dipelihara dan dirawat secara baik, supaya usia pemakaiannya lebih lama dan tidak menghambat pekerjaan petani tersebut, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Pertanian
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA