1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Peringatan HUT ke - 14, daerah ini sajikan kreasi tarian massal

Akhir kreasi tarian menyajikan banyaknya orang - orangan sawah, menggambarkan banyaknya padi yang dihasilkan.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Senin, 10 April 2017 08:14

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun ke - 14, Kabupaten Tanbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menyajikan kreasi tarian massal yang berjudul “ Merangkai langkah dengan semangat maju Bumi Bersujud ”, yang dibawakan Sanggar Seni Citra Luhur Budaya Benua (S2CLB2), di halaman Kantor Bupati Tanbu, Gunung Tinggi Batulicin.

Salah satu Pembina S2CLB2 Tanah Bumbu, M Thaha mengatakan, kreasi tari yang disajikan kali ini, menggambarkan betapa roda pembangunan di Tanah Bumbu ditampilkan dengan beberapa kelompok kesatria - kesatria, yang menggambarkan semua pembangunan berjalan efektif.

Namun demikian, keberhasilan yang lebih ditampilkan pada kreasi tarian in, adalah keberhasilan dari aspek pertanian. Hal itu digambarkan pada akhir dalam penyajian kreasi tari, yang ditampilkan adalah orang - orangan sawah penunggu padi, dan tarian anak - anak. 

Akhir kreasi tarian menyajikan banyaknya orang - orangan sawah, menggambarkan banyaknya padi yang dihasilkan, dan tarian anak - anak menggambarkan banyaknya bibit padi yang dihasilkan.

Gambaran tersebut, merepresentasikan keberhasilan petani Tanah Bumbu pada tahun ini yang sangat luar biasa. Oleh sebab itu, Bupati Tanbu Mardani H. Maming, mengundang Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk datang berkunjung ke Bumi Bersujud.

Rencananya Jokowi akan diundang untuk menghadiri panen raya dan melihat penangkaran bibit padi unggul yang dilakukan kelompok tani Bumi Bersujud. Selain itu, untuk menghadiri acara puncak Mappanretasi yang direncanakan dilaksanakan tanggal 6 atau 7 Mei mendatang, ” kata Thaha,di Tanah Bumbu, Sabtu (8/4).

Menurut Thaha,  S2CLB2 merupakan sanggar tari binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tanbu. Dimana S2CLB2 dalam setiap tahun peringatan HUT Tanbu, selalu menampilkan tarian kreasi yang berbeda - beda setiap tahunnya.

“Sajian kreasi tari ini merupakan tampilan ke - 14 nya di acara HUT Tanbu, ” tukas pria yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Tanbu.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Khas Tanah Bumbu
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA