1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Menuju Tanah Bumbu Hebat, daerah ini programkan 7 strategi pembangunan

Untuk mengembangkan bibit padi unggul, saat ini sedang dilakukan penangkaran bibit padi unggul di Kecamatan Kusan Hilir sekitar 40 hektare.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Senin, 10 April 2017 10:27

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 14, dijadikan semangat Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Mardani H. Maming dan Wakil Bupati Tanbu, Sudian Noor,  untuk meningkatan daya saing daerah menuju Tanah Bumbu hebat, melalui 7 program strategis pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Mardani, saat puncak peringatan  hari jadi ke - 14 Kabupaten Tanah Bumbu, dihadapan ribuan peserta yang hadir. Kegiatan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Tanbu, Gunung Tinggi Batulicin.

Ia mengatakan, hari jadi ke - 14, Pemerintah Kabupaten Tanbu mengusung tema “Meningkatkan daya saing daerah menuju Tanah Bumbu Hebat ''. Tema tersebut sinergi dengan apa yang menjadi visi misi bupati dan wakil bupati periode 2016 - 2021.

Untuk meningkatkan daya saing daerah tersebut, pihaknya akan melaksanakan 7 program strategis pembangunan. Adapun ketujuh program tersebut diantaranya, program  1000 guru berprestasi, program pelayanan kesehatan gratis, dan program peningkatan pembangunan infrastruktur.

Selain itu, ada juga program satu miliar satu desa, program pembangunan kelautan dan kepariwisataan, program pembangunan pertanian dengan penyaluran bantuan bibit padi unggul, dan program percepatan kawasan industri Batulicin.

Untuk mengembangkan bibit padi unggul, saat ini sedang dilakukan penangkaran bibit padi unggul di Kecamatan Kusan Hilir sekitar 40 hektare, dengan bibit penangkaran sebanyak 1 ton bibit padi unggul.

“Sebagai wujud keseriusan membangun sektor pertanian ini, selain telah menyalurkan bantuan  bibit padi unggul untuk ditangkarkan, kami juga mendatangkan dokter ahli pertanian dari luar daerah, untuk membantu para petani di Bumi Bersujud melakukan program penangkaran, ” kata Mardani, di Tanah bumbu, Sabtu (8/4).

Sedangkan program pendidikan menurutny, pihaknya meluncurkan program 1000 guru berprestasi yang menjadi program unggulan selama 5 (lima) tahun kepemimpinan periode kedua ini.

Program tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya para tenaga pengajar di wilayah Bumi Bersujud. Diharapkan dengan meningkatnya kulitas tenaga pengajar, mampu menghasilkan anak didik generasi penerus pembangunan bangsa, khususnya daerah Bumi Bersujud yang hebat.

“Untuk itu, setiap satu tahun kami menargetkan sebanyak 200 guru  diberangkatkan mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) di Yayasan Surya Institut Tangerang, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA