1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Lestarikan mangrove, daerah ini salurkan bantuan bibit mangrove

Kelompok pelestari mangrove usaha bersama Desa Pulau Panjang, memberikan bantuan sebanyak 100 bibit mangrove hasil budidaya kelompok.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Jum'at, 07 April 2017 15:38

Tanahbumbu.merdeka.com - Dalam upaya melestarikan mangrove di wilayah Bumi Bersujud, kelompok pelestari mangrove usaha bersama, Desa Pulau Panjang, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menyalurkan bantuan bibit mangrove.

Ketua Departemen Pengkajian Teknologi dan Konservasi DPP. IPKANI Pusat, Eko Prio Raharjo mengatakan, kelompok pelestari mangrove usaha bersama Desa Pulau Panjang, memberikan bantuan sebanyak 100 bibit mangrove hasil budidaya kelompok.

Penyerahan bibit mangrove dari kelompok pelestari mangrove usaha bersama Desa Pulau Panjang, kepada Ketua Departemen Pengkajian Teknologi dan Konservasi IPKANI Pusat, disaksikan perwakilan mahasiswa KKN dari IAIN Antasari Banjarmasin dan mahasiswa PKM dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Unlam Banjarbaru, Kepala Desa dan aparat desa, serta tokoh masyarakat setempat.

Bibit mangrove hasil bantuan dari kelompok pelestari mangrove usaha bersama, kemudian ditanam para penyuluh perikanan yang tergabung dalam Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (IPKANI) Tanbu, Kepala Desa Muara Pagatan, mahasiswa KKN dari IAIN Antasari Banjarmasin, dan mahasiswa PKM dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Unlam Banjarbaru.

Selain itu, juga diikuti siswa dan siswi yang tergabung dalam Gerakan Pecinta Lingkungan (GPL) SMAN I Pagatan beserta guru - guru pendamping, kelompok pelestari mangrove siporennu mangrove dan tokoh masyarakat, serta masyarakat sekitar. “Kegiatan penanaman dilaksanakan di pesisir Desa Muara Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir pada Rabu (5/4) kemarin, ” kata Eko di Tanah Bumbu, Jumat (7/4).

Menurutnya, mangrove merupakan tumbuhan yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut, yang memberikan peran yang sangat besar terhadap lingkungan pesisir. Dengan adanya mangrove, akan mampu menahan abrasi pantai. Hal ini dikarenakan mangrove mempunyai akar tunjang yang bercabang sebagai bentuk adaptasinya di daerah lingkungan pantai.

“Mudah - mudahan bantuan bibit mangrove yang sudah diberikan dan ditanam, kedepannya dapat mengurangi terjadinya abrasi di wilayah tersebut, ” harapnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Mangrove
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA