1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Kembangkan tanaman padi, daerah ini salurkan bantuan bibit

Mudah - mudahan program pengembangan tanam padi dan target tanam padi dapat terealisasi sesuai harapan.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Jum'at, 07 April 2017 09:00

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Pada tanam padi periode kedua bulan April – September tahun 2017 mendatang, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), melalui Dinas Pertanian Tanbu, akan menyalurkan bantuan bibit padi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanbu, Setia Budi, melalui Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Pertanian Tanbu, Lamijan mengatakan, untuk program pengembangan tanaman padi, Dinas Pertanian Tanbu mendapatkan target pengembangan padi dengan luasan lahan sekitar 5000 ha, dengan bantuan bibit padi sebanyak 25 kg per hektare nya.

“Program ini merupakan program pemerintah pusat, yang mana semua pembiayaan didanai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), ” kata Lamijan, di Tanah Bumbu, Jumat (7/4).

Menurutnya, dalam rangka target pengembangan padi seluas 5000 hektare di wilayah Bumi Bersujud, pihaknya akan terus mendorong para petani agar dapat merealisasikan 100 % target yang diberikan. Ia  optimis, kegiatan pengembangan padi dapat teralisasi 100 %.

Hal tersebut didasarkan, karena kegiatan pengembangan padi sejalan dengan target tanam padi periode kedua di wilayah Bumi Bersujud, dengan luasan mencapai 5.834 hektare. Jika target tanam padi dapat teralisasi 100 %, maka target pengembangan padi dengan sendirinya dapat tercapai 100 %.

“Mudah - mudahan program pengembangan tanam padi dan target tanam padi dapat terealisasi sesuai harapan, agar hasil produktivitas padi di wilayah Bumi Bersujud semakin meningkat. Sehingga Bumi Bersujud bisa menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang bisa berswasembada pangan, dan tingkat kesejahteraan masyarakat, khususnya petani di Bumi Bersujud juga meningkat ke arah yang lebih baik, ” jelasnya.

Disisi lain, Lamijan mengungkapkan, pada tahun 2017 ini, selain akan mendapat bantuan bibit padi dari pemerintah pusat, petani di wilayah Bumi Bersujud juga akan mendapat bantuan bibit padi unggul dari hasil penangkaran kelompok tani, dengan bibit penangkaran sebanyak 1 ton bibit.

“Dimana 1 ton bibit padi unggul yang ditangkarkan merupakan bantuan yang diberikan oleh Bupati Tanbu Mardani H Maming, yang dikembangkan untuk meningkatkan produktivitas hasil petani Bumi Bersujud, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Pertanian
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA