1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

IPKANI Tanbu dan Satpolair gelar Bintek dan transplantasi karang

Bimbingan teknis pembuatan terumbu karang dilaksanakan di Desa Gusunge, Kecamatan Kusan Hilir, pada Sabtu (22/4) kemarin.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Selasa, 25 April 2017 14:46

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Dalam rangka melestarikan terumbu karang yang ada di wilayah Bumi Bersujud, Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (IPKANI) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), bekerjasama dengan Satuan Polisi Air (Satpoair) Polres Tanbu, menggelar bimbingan teknis ( Bimtek) pembuatan terumbu karang dan transplantasi karang.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama IPKANI Tanbu dengan Satpolair Plores  Tanah Bumbu, Mahasiswa FPIK Unlam Banjarbaru, Mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin, masyarakat Desa Gusunge, aparat Desa Mattone, KUB. Citra Berhasil Desa Sei Lembu, dan pihak lainnya.

Bimbingan teknis pembuatan terumbu karang dilaksanakan di Desa Gusunge, Kecamatan Kusan Hilir, pada Sabtu (22/4) kemarin. Kegiatan ini bertujuan merangkul semua pihak terkait dalam upaya pelestarian terumbu karang, baik dari penyuluh perikanan, kelompok, mahasiswa maupun aparat penegak hukum.

Adapun kegiatan transplantasi karang menggunakan satu buah kapal milik KUB. Citra Berhasil Desa Sungai Lembu, salah satu dari 5 buah kapal 10 GT bantu dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Koperasi Serba Usaha (KSU) Anugerah Berhasil. 

Lokasi penanaman bibit karang di karang penyulingan, wilayah Desa Sungai Dua Laut, Kec. Sungai Loban, dengan kedalaman 3 - 4 M.  Bibit karang yang ditanam sebanyak 100 buah dengan jenis karang yang ditanam Genus Acropora (karang bercabang).

Kepala Unit (Kanit) Patroli Satpolair Polres Tanbu, Hardayana mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan sosial, inovasi dan kreativitas.  Untuk itu, Satpolair siap mendukung dan menjadi mitra IPKANI, dalam upaya pelestarian sumber daya kelautan dan perikanan di Tanah Bumbu, seperti yang telah dilaksanakan pada saat ini.

Ia berharap, kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan dan berkelanjutan, sebab Satpolair juga merupakan mitra masyarakat dan bekerja bersama dengan masyarakat, yang kedepannya  hasilnya dapat pula  dirasakan oleh masyarakat. “Hal itu, sesuai dengan arahan dari Kasatpolair Polres Tanbu, Parman, ” kata Hardayana di Tanah Bumbu, Selasa (25/4).

Dilain pihak, Koordinator IPKANI Tanbu, Eko Prio Raharjo mengatakan, kegiatan ini berawal dari salah satu perwakilan mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unlam, yang berkoordinasi dengan Dinas Perikanan Tanah Bumbu dan Koordinator Penyuluh Perikanan. Mereka, menyepakati akan ikut serta melaksanakan transplantasi terumbu karang, yang akan difasilitasi oleh IPKANI Tanbu.

Dimana kegiatan dilaksanakan secara swadaya, berasal dari bantuan suka rela dari seluruh peserta dan juga bantuan dari panitia pelaksana. “Untuk subtrat merupakan bantuan dari mahasiswa yang dibuat pada kegiatan Bimtek transplantasi karang sehari sebelumnya, “ jelasnya.

Sementara itu, Mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin, Sahran mengatakan, hari ini adalah pengalaman pertama melakukan transplantasi karang, yang belum pernah didapatkannya pada saat di bangku kuliah.

“Kami  sangat puas dan senang bisa berpartisipasi, karena sudah ikut terjun ke lapangan dan melihat secara langsung keindahan dan keunikan terumbu karang, yang ada di Tanah Bumbu, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA