1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Hebat, bupati ini kembali programkan satu desa satu miliar

Program satu desa satu miliar merupakan salah satu dari tujuh program strategis pembangunan, untuk meningkatkan daya saing.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Sabtu, 15 April 2017 08:21

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Dalam rangka meningkatan daya saing daerah menuju Tanah Bumbu hebat, Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Mardani H. Maming, kembali merealisasikan program satu desa satu miliar.

Ia mengatakan, program satu desa satu miliar merupakan salah satu dari tujuh program strategis pembangunan, untuk meningkatkan daya saing, khususnya masyarakat menuju Tanah Bumbu Hebat.

Program satu desa satu miliar merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, yang direalisasikan sejak tahun 2015 yang lalu. Program ini diproyeksikan untuk mendorong dan meningkatkan pembangunan daerah, khususnya yang ada di wilayah pedesaan.

Sejak diluncurkannya program tersebut dalam kurun waktu dua tahun, tidak sedikit perubahan yang dirasakan oleh masyarakat pedesaan. Hasil pembangunan yang bersumber dari dana Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Tanah Bumbu tersebut, terlihat dari realisasi program satu desa satu miliar.

Seperti diantaranya pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan sarana pelayanan pendidikan dan kesehatan, terbangunnya sarana pelayanan perkantoran dan fasilitas umum di desa, serta terbangunnya sarana pengairan dan air bersih.

Pada tahun 2017 ini, dana satu desa satu miliar, selain digunakan untuk pembangunan infrastruktur, juga diharapkan mampu untuk membangunan dan mendorong peningkatan keswadayaan dan gotong royong masyarakat, meningkatkan pendapatan desa  (PA-Des), serta masyarakat desa.

“Selain itu, untuk menumbuhkan perekonomian di wilayah pedesaan, serta meningkatkan daya saing desa melalui pembentukan dan pengembangan  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dimasing - masing desa di wilayah Bumi Bersujud, ” kata Mardani, di Tanah Bumbu Sabtu (14/4).

Menurutnya, sisi lain program tersebut dilaksanakan, bertujuan untuk meningkatkan upaya penanggulangan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan, meningkatkan kapasitas perencanaan dan penganggaran pembangunan, di tingkat desa dan pemberdayaan masyarakat.

Pelaksanaan program satu desa satu miliar adalah bagian komitmen dari pemerintah daerah untuk melakukan pemerataan pembangunan, di masyarakat dengan objek pedesaan.

“Melalui program tersebut, diharapkan dapat terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas pembangunan sarana dan prasarana desa, agar secara tidak langsung memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud, ” pungkasnya. 

(K)
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA