1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Hari R.A Kartini, Wabup ini ajak wanita wujudkan cita- citanya

Ia mengatakan, kepeloporan R.A Kartini wajib ditiru dan diamalkan.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Jum'at, 21 April 2017 13:52

Tanahbumbu.merdeka.com - Pada peringatan hari Kartini, Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sudian Noor mengajak para kaum wanita untuk terus berusaha meniru dan mewujudkan kepeloporan Raden Ajeng (RA) Kartini.

Ia mengatakan, kepeloporan R.A Kartini wajib ditiru dan diamalkan. Sebab wanita Indonesia telah memperoleh hak -haknya sebagai wanita dan memperoleh kebebasan. Namun demikian, perjuangan dan harapan Kartini belum sepenuhnya berhasil, dan masih banyak wanita - wanita Indonesia yang perlu diperjuangkan nasibnya.

"Melalui momentum ini saya mengajak kaum wanita untuk meningkatkan partisipasinya terhadap gelora pembangunan sekarang ini, sehingga cita - cita Kartini dapat terwujud, " kata Sudian di Tanah Bumbu, Jumat (21/4).

Orang nomor dua di Bumi Bersujud tersebut juga berharap, para kaum wanita agar terus berkarya dengan tetap berpegang pada sebuah hakikat, bahwa perempuan diciptakan untuk membantu suami dan merawat anak - anaknya dalam mewujudkan keluarga sejahtera. "Sebagaimana hakikat makna perjuangan R.A Kartini "Dari gelap menuju cahaya atau kita kenal dengan habis gelap terbitlah terang, " tukasnya.

R.A Kartini merupakan pahlawan wanita Indonesia yang lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah, tanggal 17 September 1904, pada umur 25 tahun. R.A Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita di Indonesia.

Sebelum R.A Kartini ada, kaum wanita direndahkan derajatnya dibandingkan kaum lelaki. Kaum wanita dilarang menuntut ilmu, tidak boleh bekerja, apalagi menjadi pemimpin. Tetapi semua berubah saat R.A Kartini berjuang untuk mengeluarkan kaum wanita dari itu semua.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA