1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

DPMPD Tanbu sosialisasi pembentukan dan pelatihan manajemen BUMDes

Meskipun pihaknya mendorong desa untuk membentuk BUMDes, tidak serta merta desa berlomba - lomba membentuk BUMDes.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Selasa, 18 April 2017 15:47

Tanahbumbu.merdeka.com - Dalam rangka meningkatkan pendapatan Asli Desa (PADes), Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (DPMPD) Tanbu, menggelar sosialisasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan pelatihan peningkatan kapasitas manajemen BUMDes.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Tanbu, Idjra'I mengatakan, pemerintah daerah berharap, pelatihan ini dapat memberikan perubahan yang signifikan terhadap pendapatan asli desa, sekaligus memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri.

Pelatihan yang rencana dilaksanakan dari tanggal 18 - 19 April, adalah sebagai bentuk dari sebuah pemberdayaan terhadap masyarakat. Sebab, berbagai potensi yang ada di desa, perlu adanya pengelolaan lebih permanen, di masing - masing usaha desa.

"Masing - masing desa pasti memiliki potensi yang dapat dikembangkan melalui BUMDes. Untuk itu sebagai tindak lanjutnya, perlu kita tingkatkan kapasitas pengurus manajemen BUMDes, demi memberdayakan masyarakat desa, menuju peningkatan taraf hidup masyarakat ke arah yang lebih baik, " kata Idjra'I di Tanah Bumbu, Selasa (18/4).

Dilain pihak, Kepala DPMPD Tanbu, Suwignyo, melalui Sekretaris DPMPD Tanbu, Ayatullah Chotim sebelumnya mengatakan, para kepala desa di wilayah Bumi Bersujud, agar menggunakan dana desa, diprioritaskan untuk pembentukan dan pengembangan BUMDes.

Kegiatan dilakukan sebagai upaya meningkatkan perekonomian desa, jangan sampai seluruh dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pusat, hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur semata.

Hal ini karena, saat ini masih ada beberapa kepala desa yang menggunakan dana desa, mayoritas digunakan untuk membiayai infrastruktur jalan dan jembatan. "Dana desa selain untuk membiayai kegiatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, juga harus diprioritaskan untuk pembentukan dan pengembangan BUMDes, serta pemberdayaan masyarakat, ” jelasnya.

Menurutnya, pembentukan dan pengembangan BUMDes secara maksimal akan mampu menambah PADes. Selain itu, pemberdayaan BUMDes juga bisa menjadi modal pembentukan desa yang mandiri. Meskipun pihaknya mendorong desa untuk membentuk BUMDes, tidak serta merta desa berlomba - lomba membentuk BUMDes. Mereka harus menggali potensi yang ada di desa, dengan dasar potensi yang ada, bisa membentuk BUMDes.

“Terkait dengan kesiapan desa dalam membentuk BUMDes, kami sudah mensosialisasikan kepada seluruh pemerintahan desa, agar sesegera mungkin membentuk BUMDes, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA