1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Disnakertrans Kalsel gelar pelatihan dan magang

“Menekan angka pengangguran merupakan tanggung jawab kita bersama. Salah satunya dengan menyediakan kesempatan kerja bagi masyarakat, ” urainya.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Jum'at, 21 April 2017 08:53

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Upaya untuk menekan jumlah pengangguran di wilayah Bumi Lambung Mangkurat, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel (Kalsel), menggelar pelatihan dan magang dalam negeri. Adapun pembukaan pelatihan dilaksanakan bertempat di PT. Nusantara Batulicin, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Pelatihan dan magang di sejumlah perusahaan di Bumi Bersujud Tahun 2017, berbasis pengguna program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas, dilaksanakan oleh Disnakertrans Provinsi Kalsel, dan difasilitasi oleh Disnakertrans dan UKM Kabupaten Tanbu.

Bupati Tanbu, Mardani H Maming mengatakan, pihaknya menyambut baik dengan dilaksanakannya pelatihan keterampilan, oleh Pemerintah Provinsi Kalsel untuk warga masyarakat yang ada di Bumi Bersujud. “Pelatihan bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat, khususnya yang berada di sekitar perusahaan. Diharapkan mampu menekan angka pengangguran, ” kata Mardani di Tanah Bumbu, Kamis (20/4).

Menurutnya, dengan adanya pelatihan dan magang, maka para peserta selain akan mendapat peningkatan keterampilan dan keahlihan khusus, juga akan mendapatkan sertifikat tanda pernah mengikuti pelatihan dengan keahlian khusus.

Dengan meningkatnya keterampilan dan keahlian khusus yang dimiliki, tentu akan memudahkan pihak perusahaan dalam hal merekrut tenaga kerja, sesuai standar dan kompetensi yang diterapkan oleh masing - masing perusahaan.

“Pelatihan yang diberikan tentunya harus disesuaikan dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan, sehingga memudahkan pihak perusahaan dalam hal perekrutan tenaga kerja. Kami berharap peserta yang magang diharapkan dapat langsung diterima bekerja di perusahaan tempat mereka pelatihan dan magang, ”  harapnya.

Dilain pihak, Kepala Disnakertrans dan UKM Tanbu, Suhartoyo mengatakan, pelatihan dan magang dilaksanakan selama lima bulan, yang direncanakan mulai bulan April hingga selesai.

Adapun materi pelatihan diantaranya teori, simulasi, dan praktik di perusahaan selama 160 jam pelatihan, atau setara satu bulan pelatihan, akan dilatih  oleh instruktur. Sedangkan praktik di lini produksi perusahaan selama empat bulan, akan dibimbing oleh karyawan yang berpengalaman dari lingkungan perusahaan yang bersangkutan.

“Bagi 60 orang peserta dari 200 orang peserta pelatihan, khususnya lulusan SLTA atau sederajat yang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu, akan mengikuti pelatihan dan magang di perusahaan, diantarannya  PT. Nusantara Batulicin, PT. Batulicin Agro Sentosa, PT. Batulicin 69 Group, PT. Sapta Indera Sejati, PT. Putra Parahyangan Mandiri dan PT. Darma Henwa, ” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disnakretrans Provinsi Kalsel, Antonius Simbolon, melalui Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan, Wahyudin Noor, mengatakan Pemerintah Provinsi Kalsel terus berupaya untuk menekan angka pengangguran dan membuka angkatan kerja bagi masyarakat di Kalsel. 

“Menekan angka pengangguran merupakan tanggung jawab kita bersama. Salah satunya dengan menyediakan kesempatan kerja bagi masyarakat, ” urainya.

Menurutnya, pelatihan dan mangga yang dilaksanakan pada tahun 2017, diikuti sebanyak 200 orang peserta se - Provinsi Kalsel, dimana 60 orang peserta pelatihan, diantaranya berasal dari Kabupaten Tanbu.

“Kami harapkan melalui pelatihan dan pemagangan, para peserta yang sudah memiliki keterampilan khusus tersebut, dapat langsung diterima oleh pihak perusahaan dimana tempat mereka magang, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA