1. TANAH BUMBU
  2. INFO TANAH BUMBU

Dalam waktu dekat, daerah ini salurkan bantuan 5 buah kapal 10 GT

Penyerahan bantuan akan dilaksanakan pada momentum yang pas.

©2016 Merdeka.com Editor : Kuswandi | Jum'at, 07 April 2017 15:10

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten Tanbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), melalui Dinas Perikanan Tanbu, akan menyalurkan bantuan kapal tangkap ikan baru kepada nelayan, sebanyak 5 buah dengan kapasitas 10 Gross Tone (GT).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Rahmat, melalui Kepala Bidang Perikanan dan Tangkap, Andi Anwar Sadat mengatakan, untuk meningkatkan produktivitas hasil tangkap ikan, dalam waktu dekat ini, Dinas Perikanan akan menyalurkan bantuan kapal tangkap sebanyak 5 buah.

Lima buah kapal dengan kapasitas 10 GT tersebut sudah dikirim dan sudah berada wilayah Bumi Bersujud. Bantuan kapal sudah diperiksa, kelengkapan dokumen maupun kelengkapan pendukung lainnya, oleh pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel.

Batuan kapal merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI), yang dikelola Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel, dimana pembiayaan didanai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2016.

“Penyerahan bantuan akan dilaksanakan pada momentum yang pas. Kemungkinan besar, penyerahan akan dilaksanakan bertepatan dengan acara pesta rakyat Mappanretasi, yang tahapan kegiatan dimulai tanggal 8 April nanti, ” kata Andi, di Tanah Bumbu, Jumat (7/4).

Menurutnya, agar bantuan kapal yang disalurkan dapat dirasakan oleh banyak nelayan, maka kedepannya, dalam pelaksanaan di lapangan akan dikelola oleh lima kelompok nelayan, yang tergabung dalam Koperasi Anugerah Berhasil.

Lima kelompok tersebut diantaranya Kelompok Usaha Bersama (KUB). Adapun lima KUB tersebut, diantaranya KUB Citra Berhasil, KUB Anugerah Laut, KUB Cahaya Indah, KUB Kakap dan KUB Tetti Puse.

“Penyaluran bantuan kapal bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan mutu ikan di Kabupaten Tanbu. Hal ini sejalan dengan niat KKP RI dalam meningkatkan produktivitas ikan nasional. Maka kementerian itu terus menciptakan program -program bantuan yang langsung mengena pada para nelayan, ” pungkasnya.

(K) Laporan: Riyadi
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA