1. TANAH BUMBU
  2. GAYA HIDUP

Terserang migrain, coba sembuhkan dengan cara alami ini

Jika hal di atas sudah dilakukan, maka cara selanjutnya untuk menghilangkan migrain yakni, istirahat yang cukup agar otak anda tidak tegang

©2016 Merdeka.com Reporter : Kuswandi | Kamis, 12 Mei 2016 17:51

Merdeka.com, Tanah Bumbu - Sakit pada bagian kepala merupakan salah satu penyakit yang bisa dirasakan siapa saja, tak peduli usai tua maupun anak muda. Namun, diantara sakit kepala tersebut, yang paling menyiksa adalah migrain.

Migrain atau sakit kepala sebelah berbeda dari sakit kepala biasa. Karena jenisnya beda dengan sakit kepala biasa, maka cara pengobatannya pun berbeda.

Penyebab dari masalah ini ialah pelebaran pembuluh darah di sekitar pelipis dan pelepasan zat kimia. Oleh karena itu biasanya penderita migrain akan mengalami sakit kepala yang begitu menyiksa, serta sakit di bagian punggung dan leher akibat saraf yang tegang.


Jika sudah terjadi demikian, maka segeralah pergi ke dokter atau klinik, untuk konsultasikan pengobatannya. Namun, jika malas ke dokter, maka anda bisa menggunakan beberapa cara alami untuk mengobati sakit migrain diantaranya minum teh jahe hangat, pijat pelipis, minum kopi, hidroterapi, makan - makanan asin, serta tidur.


Teh jahe hangat

Pada saat mendapat serangan migrain, maka segeralah minum teh jahe hangat. Minuman ini, selain rasanya nikmat, juga dapat memberikan ketenangan dan menghangatkan tubuh serta menyembuhkan migrain. Jenis tanaman obat yang mempunyai nama latin zingiber officinale, berfungsi sebagai anti inflamasi, yang bekerja untuk menghambat sintesis prostaglandin, senyawa kimia yang dapat memacu migrain.


Pijat pelipis

Pada saat terkena migrain, bagian saraf pelipis anda pasti akan sangat tegang. Oleh karena itu, pijatlah bagian pelipis serta bagian sekitar kepala anda dengan menggunakan minyak angin untuk mengendurkan sel saraf yang tegang tersebut.

 

Minum kopi

Selain biasa diminum pada saat santai, ternyata kopi bisa juga bisa menyembuhkan migrain. Hal ini karena kandungan kafein yang terkandung pada kopi, dapat membantu menenangkan keadaan tubuh serta menghilangkan rasa sakit kepala akibat migrain. Namun, batasi mengkonsumsi kopi secara berlebihan apalagi kalau anda punya penyakit lambung.

Hidroterapi

Cara selanjutnya jika anda terkena migrain, maka lakukanlah hidroterapi. Hidroterapi ialah terapi dengan menggunakan air. Untuk melakukan terapi ini, pertama siapkan air dingin lalu masukkan kaki ke dalam air tersebut, lalu letakkan kain hangat ke bagian leher. Selain itu, kompres kepala dengan es batu atau air dingin untuk melancarkan sistem peredaran darah. Dengan melakukan terapi ini, dapat membantu menghilangkan migrain karena memperlancar aliran darah dari kepala ke kaki. Setelah proses terapi ini selesai, selanjutnya mandi dengan air hangat untuk menghilangkan rasa tegang di bagian leher dan punggung.

Makanan makanan asin

Selain terapi, jika anda terkena migrain, maka segeralah ambil makanan yang asin, misalnya keripik asin. Mengkonsumsi makanaan asin, dipercaya dapat menghentikan serangan migrain agar tidak semakin parah.

Tidur

Jika berbagai hal di atas sudah dilakukan, maka cara selanjutnya untuk menghilangkan migrain yakni, istirahat yang cukup agar otak anda tidak tegang. Karena, salah satu penyebab sakit ini adalah kurangnya waktu tidur.

(K/K)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA